Online shop tidak hanya membantu para pembeli yang terlalu sibuk hingga tidak sempat mengunjungi toko fisik untuk membeli suatu barang, tapi juga merupakan sumber penghasilan bagi anak muda dengan modal minim. Barang yang dijual di online shop pun beragam. Mulai dari barang berharga terjangkau seperti baju, aksesoris, bahan kerajinan tangan, sepatu, hingga barang berharga jutaan seperti ponsel dan kamera, semua bisa ditemukan di online shop.

Mengapa bisa dijalankan dengan modal minim? Tentunya karena online shop tidak membutuhkan toko fisik untuk memajang barang, melainkan hanya butuh menginstal aplikasi sosial media seperti Instagram, Whatsapp dan Facebook sebagai “toko”. Selain itu, ada juga sistem reseller dan pre order di mana pemilik online shop tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk stok barangnya. Oleh karena itu, tidak heran kalau saat ini Kamu dapat menemukan online shop berjamuran di media sosial.

Dalam menjalankan Online shop sebenarnya hampir sama kebutuhannya dengan berjualan toko fisik, berikut beberapa aplikasi yang sebaiknya jadi pertimbangan alat tempurnya :

1. Mobile Banking
Untuk transaksi penjualan dan pembelian, mengetahui sisa saldo, 

2. Media Sosial / Online Chat
Sebagai sarana komunikasi dan promosi seperti Messenger, Whatsapp, Instagram, Facebook dan lainnya.

3. Foto Editor
Untuk edit foto produk karena sebaiknya produk yang dimiliki adalah hasil foto sendiri dan kemudian diberi watermark logo lapak agar lebih profesional.

Foto adalah faktor utama yang membuat calon pembeli tertarik dengan produk Kamu, sehingga pastikan foto yang Kamu pasang berkualitas tinggi dan sedap dipandang mata, dan usahakan terdapat foto dari beberapa sudut pandang.

Aplikasi Rekomendasi:
PhotoGrid, Pic Collage – Photo Editor, VSCO Cam, Photo Editor Collage Pro, PicsArt, Adobe Photoshop Lightroom, dan Airbrush.

Sudah susah-susah membuat foto katalog produk yang menarik, eh fotonya malah dicuri online shop saingan. Nah, agar kejadian tersebut tidak menimpa Kamu, pastikan semua foto sudah diberikan watermark berupa logo online shop-mu.

Aplikasi Rekomendasi:
Ezy Watermark, SALT – Watermark Your Photos, My Watermark, dan InstaMark – photo editor

4. Point Of Sale (Aplikasi Kasir)
Untuk pengelolaan stok barang atau inventori sekaligus kasir serta pembukuan rugi laba sudah banyak beredar terutama untuk pemakaian smartphone Android, mulai dari yang berbayar maupun yang gratisan. Tak kalah dengan mesin kasir di mini market, aplikasi android sudah mampu di koneksikan dengan barcode scanner dan printer (dengan USB maupun Bluetooth).


Aplikasi Rekomendasi:
iReap Lite POS, Kasir Toko Portable, Loyverse Point of Sale, Kasir Pintar

Nah itulah beberapa aplikasi  penting pendamping anda untuk memudahkan usaha dengan harapan segalanya dapat berjalan maksimal dan terukur tentunya.